NEWS

Universitas Semarang Juara II Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) Nasional 2020

Tim robot "Injoh_Bot" Universitas Semarang (USM) berhasil meraih juara II pada Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) Nasional tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tim yang terdiri dari Khairul Fajri, Agus Prianto, Arga Rizky Kurniawan, Bima Septian Dwi Aldianto dengan pembimbing Sapto Budi Priyatno telah menyisihkan 38 peserta terbaik dari wilayah I dan II.

Wakil Rektor III USM, Dr Supari memberikan apresiasi kepada tim robot dari Teknik Elektro USM itu yang telah mengharumkan almamater di kancah nasional.

"Kami sangat bangga atas prestasi yang telah ditorehkan tim robot USM sehingga berhasil meraih juara II pada kategori KRPAI dan juara 6 pada kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)," kata Supari, dalam keterangannya, Selasa (24/11/2020).

Ia berharap, dengan prestasi prestasi yang diraih itu bisa memotivasi mahasiswa lain untuk berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"USM akan selalu mensupport kegiatan mahasiswa dalam upaya membangun budaya kompetisi dan meningkatkan kualitas mahasiswa," tambahnya.

Sapto Budi Priyatno, selaku dosen pembimbing, mengatakan tim telah berusaha sejak dari 2010 hingga sekarang dengan riset yang berkelanjutan dengan mengikuti kontes robot secara rutin dan pada akhirnya membuahkan hasil.

"Tim Injoh_Bot telah melalui seleksi awal tingkat wilayah satu, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI, serta seluruh pulau Sumatera dengan meraih juara I yang dilaksanakan pada Oktober 2020 laku," ungkap Sapto.

Ia memaparkan, pada pertandingan tingkat nasional, peserta diwajibkan melalui 2 sesi. Pada sesi pertama, robot menyemprot disinfektan tanpa ada halangan. Tim Injoh_Bot dapat menyelesaikan dengan nilai 38 detik.

"Sementara pada sesi kedua, robot karya tim tim Injoh_Bot dapat menyelesaikan penyemprotan disinfektan tiap ruangan dengan waktu 50 detik dengan bonus 0,36," tambahnya.

Pada sesi ketiga, robot Injoh_Bot dapat menyelesaikan dengan waktu 52 detik dengan bonus 0,36 sehingga total keseluruhan untuk semua sesi diselesaikan dengan waktu 74,72 detik.

Dengan skor waktu tersebut, mengantarkan tim Injoh_Bot meraih juara II. Sedangkan untuk juara I berhasil diraih tim robot PENS Surabaya dengan skor waktu 57,28 detik.

"Harapan selanjutnya tim Injoh_Bot dapat mengembangkan riset untuk kompetisi selanjutnya dan melakukan regenerasi tim," harap Sapto. (Nal)


Indrawan | 11 December 2020